- Dasar Multimedia
Seperti yang telah disebutkan pada artikel sebelumnya
(Pengertian Multimedia), multimedia adalah
penggunaan komputer untuk menggabungkan informasi berupa teks, gambar, suara,
animasi , atau bahkan video untuk ditampilkan untuk pengguna komputer .
Ada dua jenis multimedia yaitu multimedia linear (tetap) dan multimedia
interaktif (dapat dikendalikan). Pada multimedia interaktif, pengguna diberikan
fasilitas untuk mengendalikan atau memainkan elemen-elemen multimedia yang
tersedia. Dan apabila dalam aplikasi multimedia tersebut disediakan struktur
dari elemen terhubung yang dapat dikendalikan oleh pemakai / pengguna, maka
Interactive Multimedia tersebut menjadi Hypermedia. Contoh mudah multimedia
linear adalah media televisi. Dalam pemanfaatan televisi tidak terjadi suatu
interaksi dari pengguna untuk mampu mengendalikan objek multimedia yang
dihasilkan. Sedangkan multimedia interaktif yaitu pada game dan aplikasi dari
komputer. Pengguna diberikan fasilitas kontrol agar multimedia dapat berubah
sesuai keinginan. Sedangkan seorang atau sekelompok orang yang merancang dan
membangun sebuah multimedia disebut Multimedia Developer.
Tujuan Dasar Multimedia
Pemanfaatan multimedia memiliki tujuan-tujuan
dasar sebagai berikut,
- Meningkatkan efektifitas penyampaian informasi
- Mendorong partisipasi, eksploitasi dan interaksi pemakai
- Merancang panca indra, karena bersifat visual
- Memberikan kemudahan pemakaian.
Elemen – elemen Multimedia
Sebuah multimedia yang baik dan mudah dipahami,
dibutuhkan elemen-elemen yang mampu menyampaikan sebuah informasi kepada
mengguna multimedia tersebut.
Elemen – elemen tersebut antara lain :
1. Teks
Teks merupakan elemen multimedia yang paling sederhana
dan mudah dimengerti. Selain itu teks lebih mudah diolah, disimpan dan tidak
banyak memakai memori dalam sebuah media penyimpanan. Ada beberapa jenis media
teks antara lain plain text, rich format text, dan hyper
text. Plain Text merupakan jenis text yang paling dasar, berbentuk
kode ASCII.
- Plain text tidak terenkripsi maupun informasi yang di-embeddi dalamnya.
- Rich format text merupakan sekumpulan text yang telah diformat. Karena telah diformat, RFT mampu menampilkan teks-teks dengan format sederhana, seperti huruf tebal, huruf miring, paragraf, dan lain-lain.
- Hypertext, biasanya text yang bersifat saling terhubung (Linking), dan non linear, contohnya adalah HTML dan XML
2. Animasi
Animasi adalah bentuk gambar yang bergerak. Dengan
menampilkan banyak gambar secara cepat, bergantian dan terus-menurus sehingga
menghasilkan efek sebuah gambar yang bergerak. Animasi lebih menarik dibanding
bantuk gambar atau grafik biasa.
3. Grafik
Grafik sangat baik dalam mengilustrasikan suatu
informasi. Grafik dapat berupa kurva, foto, hasil scanner maupun
bentuk gambar lain baik dua dimensi atau tiga dimensi. Berdasarkan
pembentukkaannya, jenis grafik terbagi dua macam yaitu
- Grafik Bitmap
Bitmap disusun sebagai sebuah matriks yang
mempresentasikan setiap titik atau pixel dan warna. Kualitas bitmap sangat
tergantung dari resolusi pixel dan ketajaman warna. Grafik dalam bentuk ini
sangat baik dalam penyimpan foto atau gambar yang rumit. Ukuran file bitmap
terkadang berukuran cukup besar karena grafik disimpan per pixel.
- Grafik Vektor
Grafik vektor dibentuk dari hitungan matematika
sebagai dasar untuk menampilkan grafik. Grafik vektor terbentuk dari
susunan garis, bangun dua dimensi (persegi, elips, lingkaran) yang ditempatkan
secara matematis dengan koordinat, ukuran , ketebalan dan sudut. Grafik
vektor cenderung berukuran kecil dalam penyimpanannya. Selain itu apabila
diperbesar (zooming) , vektor tidak mengalami perubahan kehalusan grafik.
4. Gambar
Gambar merupakan suatu objek yang dapat
ditampilkan dalam bentuk grafik (non teks) atau konsep yang berbentuk kode yang
tidak berelasi dengan waktu. Gambar terbagi tiga jenis yaitu visible
image, non visible image dan abstract image.
- Visible image : gambar yang terlihat seperti lukisan , foto
- Non visible image : suatu objek yang bukan gambar namun dipresentasikan dalam bentuk gambar seperti pengukur suhu, pengukur tekanan dan jenis pengukur lainnya
- Abstrak : gambar yang tidak nyata, yang berbasiskan perhitungan aritmatika
5. Suara
Pengunaan suara atau audio ke dalam aplikasi
multimedia dapat memberikan informasi yang tidak mungkin diberikan oleh media
informasi seperti gambar, grafik ataupun teks. Contohnya untuk menginformasikan
bagaimana bunyi desiran angin tentu tidak bisa didepskripsikan oleh teks. Ada
tiga jenis suara yaitu ucapan (speech), musik dan efek suara.
Selain itu suara juga terbagi dua jenis formatnya yaitu MIDI dan WAVE.
MIDI ( Musical Instrument Digital
Interface) merupakan jenis format suara yang berasal dari
instrumentasi alat musik. Namun jenis fomat MIDI tidak dapat memainkan atau
merekam bunyi atau suara yang alamin seperti suara manusia, suara tetesa air
dan lain-lain
WAVE merupakan jenis format musik atau suara berbasis
digital yang dapat merekam dan memainkan jenis suara apapun baik real
sound effect maupun suara dari manusia.
6. Video
Video seperti layaknya animasi namun video lebih
cenderung hasil karya dari adegan dunia nyata yang direkam secara langsung.
Dalam video terkandung juga elemen multimedia lainnya seperti gambar ,
suara dan tulisan. Dibanding dengan elemen lainnya , video menyuguhkan
informasi lebih lengkap dan menarik.
Konsep Dasar Warna dalam Multimedia
- RGB (Red, Green, Blue)
Warna RGB adalah model warna additive yang bertujuan
sebagai penginderaan dan presentasi gambar dalam tampilan visual pada peralatan
elektronik seperti komputer, televisi dan fotografi. Warna RGB difungsikan
untuk tampilan di monitor komputer karena warna latar belakang komputer adalah
hitam.
- CMYK ( Cyan Maggenta Yellow Key)
CMYK (adalah kependekan dari cyan, magenta,
yellow-kuning, dan warna utamanya (black-hitam), dan seringkali dijadikan
referensi sebagai suatu proses pewarnaan dengan mempergunakan empat warna)
adalah bagian dari model pewarnaan yang sering dipergunakan dalam pencetakan
berwarna. Namun ia juga dipergunakan untuk menjelaskan proses pewarnaan itu
sendiri. Meskipun berbeda-beda dari setiap tempat pencetakan, operator surat
khabar, pabrik surat khabar dan pihak-pihak yang terkait, tinta untuk proses
ini biasanya, diatur berdasarkan urutan dari singkatan tersebut.
- Pemanfaatan Multimedia
Multimedia memiliki banyak manfaat dalam semua bidang
kehidupan manusia. Di bidang bisnis, multimedia dimanfaatkan sebagai iklan yang
kreatif untuk menarik konsumen. Selain itu dengan multimedia, informasi yang
disampaikan menjadi lengkap dan mudah dimengerti. Berikut ini pemanfaatan
multimedia di berbagai bidang :
Bidang Kesehatan dan Kedokteran
Dengan multimedia dokter dapat menganalisa penyakit
pasien dan memantau kondisi pasien lewat detak jantung, aliran darah, permukaan
paru-paru melalui tampilan monitor . Pengunaan sinar X untuk scanning tubuh
manusia dapat ditampilkan pada layar monitor. Selain itu, objek-objek
yang sangat kecil (berukuran nano) dapat dilihat melalui mikroskop yang
terhubung ke komputer. Hal lain yang dapat dilakukan dengan pemanfaatan
multimedia antara lain menyimpan riwayat penyakit pasien, penggajian karyawan RS
dan mengelola persediaan obat-obatan.
Multimedia sangat membantu dalam dunia pendidikan
dikarenakan beberapa hal berikut :
- Multimedia dapat menampilkan objek biologi yang sangat kecil untuk dapat dilihat dan dipelajari.
- Multimedia dapat menampilkan objek yang sangat besar dan jauh seperti planet, system tata surya, bentuk gunung, dataran tinggi dan lainnya.
- Multimedia dapat menampilan animasi dari objek yang bergerak.
- Multimedia dapat menambah daya tarik siswa untuk mengamati berbagai objek.
Oleh karena hal-hal tersebut, keuntungan dan manfaat
multimedia di bidang pendidikan cukup banyak antara lain :
- Multimedia dapat membantu siswa dalam mengingat dan mengerti pelajaran.
- Multimedia menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan.
- Multimedia dapat menampilkan dan memberikan pengetahuan secara teks maupun gambar animasi tentang objek-objek yang sulit kepada siswa.
- Multimedia mampu menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan
- Multimedia dapat membuat siswa menjadi tertarik, senang pada pelajaran sehingga proses belajar siswa tidak membosankan.
- Multimedia dapat membuat terjadinya interakti antara siswa dengan teknologi terkini.
- Multimedia memberi peluang kepada guru untuk mengubah kaidah pengajaran.
- Multimedia dapat membuat siswa menjadi lebih aktif, kooperatif, interaktif baik dengan guru maupun dengan siswa lain.
Bidang Bisnis
Multimedia mempunyai peranan penting dalam bidang
bisnis karena dapat digunakan sebagai alat promosi. Dengan promosi yang
inovatif , kreatif dan interaktif , daya saing sebuah produk menjadi
lebih tinggi. Multimedia memiliki kelebihan untuk menarik indera dan
minat, karena merupakan gabungan antara pandangan, suara, dan gerakan.
Pemasaran sebuah produk akan lebih cepat dan efektif dengan penampilkan sebuah
iklan yang menarik dan mudah dimengerti. Selain itu, multimedia juga digunakan
dalam menampilkan grafik dan angka perkembangan saham, jangkauan pemasaran ,
data rahasia perusahaann dan informasi mengenai klien bisnis.
Bidang Teknik
Di bidang teknik, multimedia dimanfaatkan dalam
berbagai aplikasi dan software simulasi yang berbasis teknik. Simulasi yang
digunakan dapat menampilkan objek-objek dua dimensi dan tiga dimensi yang dapat
membantu di bidang teknik industri, mesin dan sipil. Sementara di bidang
elektro, multimedia dapat menampilkan objek komponen beserta karakteristiknya
serta dapat menunjukkan hasil dari simulasi rangkaian berupa tampilan gelombang
, angka dan persamaan matematis.
Bidang Ilmu Pengetahuan dan
Penelitian
Dalam matematika dan penelitian ilmiah, multimedia
dipakai terutama untuk modelling dan simulasi. Sebuah objek (zat atau
makhluk hidup) yang baru ditemukan dapat disimulasikan dalam bentuk model untuk
diteliti dan dikembangkan. Objek-objek tersebut dapat diteliti dengan
mempelajari tekstur, ukuran, dimensi dan karakternya dalam bentuk multimedia
berupa gambar, animasi dan bahkan suara.
Bidang Seni dan Hiburan
Multimedia banyak digunakan dalam
industri hiburan, khususnya untuk memberikan efek khusus suara dan
gambar dalam film dan animasi. Multimedia juga dimanfaatkan pada aplikasi
dan game. Pengguna diberikan fasilitas untuk mengkontrol gerak animasi dalam
game. Di kehidupan sehari-hari multimedia dimanfaatkan dengan penggunaan DVD
player dan MP3/MP4 player yang dapat menyuguhkan hiburan film,
musik dan karaoke. Selaim itu berita-berita yang dimuat di televisi dan
internet bukan hanya berupa teks namun berisi gambar, video atau bahkan animasi
dari sebuah simulasi kejadian.
Bidang Tranportasi dan Komunikasi
Di bidang Tranportasi, multimedia digunakan untuk
menampilkan sistem navigasi sebuah pesawat atau kapal laut. Pada navigasi
kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Untuk
sistem navigasi pesawat dapat ditentukan ketinggian pesawat, kondisi cuaca dan
kecepatan angin pada monitor sistem navigasi. Sementara di darat, jalur
kereta serta pergerakan kereta dapat dimonitoring dalam suatu tampilan monitor
di ruang kendali pusat. Selain itu, dengan multimedia , kita dapat mengetahui
kondisi jalan dan posisi kita berada dalam suatu sistem yang disebut GPS (Global
Positioning System). GPS memungkinkan pengguna untuk melacak posisi
kendaraan, armada ataupun mobil dalam keadaan Real-Time. GPS Tracking
memanfaatkan kombinasi teknologi GSM dan GPS untuk menentukan koordinat sebuah
obyek, lalu menerjemahkannya dalam bentuk peta digital. Informasi
yang didapat dari GPS dapat dilihat dan disimpan dalam ponsel atau komputer.
Multimedia dimanfaatkan dalam bidang komunikasi untuk
mempermudah manusia bertukar informasi. berbagai macam objek dapat diolah dan
dikirim dengan kemudahan melalui ponsel dan komputer. Sebuah objek multimedia
dapat dikirim dengan cepat dan mudah melalui fasilitas MMS pada ponsel. Bahkan
sekarang ponsel-ponsel berbasis android sangat mudah dalam pengiriman
pesan multimedia.
- Multimedia Dalam Dunia Pendidikan
Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan secara
singkat mengenai pemanfaatan multimedia di berbagai bidang. Sama
seperti pada artikel sebelumnya, pada artikel ini akan dibahas mengenai
pemanfaatan multimedia namun akan lebih fokus terhadap dunia pendidikan.
Perkembangan yang serba pesat menjadikan multimedia sebagai alat penunjang
untuk proses pembelajaran dan pendidikan bagi murid maupun pengajar. Keberadaan
multimedia sangat membantu dunia pendidikan karena dapat menjadikan hal-hal
yang rumit untuk dipelajari menjadi hal yang dekat, menarik dan mudah
dimengerti.
Tujuan dasar penggunaan multimedia dalam proses
pembelajaran antara lain untuk menyalurkan pesan
(pengetahuan, keterampilan dan sikap) serta
dapat merangsang piliran, perasaan, perhatian
dan kemauan yang belajar sehingga secara
sengaja proses belajar terjadi, bertujuan dan
terkendali.
A. Manfaat Penggunaan Multimedia
Pembelajaran
Manfaat multimedia di dalam proses pembelajaran secara
umum adalah dapat menciptakan suasana interaktif pada siswa, meningkatkan
kualitas belajar, meningkatkan daya tarik, kemauan, imajinasi siswa pada mata
pelajaran yang rumit, dan proses pemahaman serta pendalaman materi menjadi
lebih cepat dan efektif.
Berikut adalah faktor-faktor keunggulan
multimedia sebagai alat pembelajaran :
- Dapat menampilkan secara visual baik dalam bentuk gambar atau animasi sebuah zat atau objek yang sangat kecil dan tidak mungkin dilihat dengan mata telanjang seperti bentuk ion, molekul, mikro organisme, sel dan lain-lain.
- Dapat menampilkan secara visual dan audio dalam bentuk animasi, gambar atau video sebuah objek yang besar dan jauh seperti hewan buas, bentuk permukaan bumi (gunung, sungai dan lain-lain) dan benda luar angkasa (planet,satelit).
- Dapat menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet Mars, berkembangnya bunga dan lain-lain.
- Dapat menyajikan bentuk animasi dan simulasi dari benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti bencana alam (gempa, gunung berapi) dan peristiwa perang.
- Dapat menyajikan berbagai simulasi yang rumit dalam bidang ilmu pengetahuan dan bidang teknik yang apabila disimulasikan ke dunia nyata cukup mahal.
B. Karakteristik dan Fungsi
Multimedia Pembelajaran
Karakteristik multimedia pembelajaran
adalah:
- Memiliki lebih dari satu elemen multimedia yang konvergen, misalnya menggabungkan elemen teks, grafik dan audio.
- Bersifat interaktif, dalam pengertian memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respon pengguna.
- Bersifat mandiri, dalam pengertian memberi kemudahan dan kelengkapan isi sedemikian rupa sehingga pengguna bisa menggunakan tanpa bimbingan oran lain.
Selain memenuhi ketiga karakteristik
tersebut, multimedia pembelajaran sebaiknya memiliki
fungsi-fungsi sebagai berikut:
- Mampu merangsang respon siswa agar lebih kuat, cepat dan cerdas.
- Mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengontrol laju kecepatan belajarnya sendiri.
- Memperhatikan bahwa siswa mengikuti suatu urutan yang koheren dan terkendalikan.
- Mampu memberikan kesempatan pada siswa untuk memberikan respon baik berupa jawaban, pemilihan, keputusan, percobaan dan lain-lain.
Dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan,
menarik dan imajinatif maka siswa akan lebih mudah mengerti, mengingat dan
memahami pelajaran. Tidak dapat dipungkiri bahwa siswa akan lebih cepat dalam
menerima materi apabila tercipta suasana yang menyenangkan karena suatu yang
menyenangkan akan selalu diingat dan disimpan di memori seseorang.
C. Fungsi Element Multimedia dalam
Dunia Pendidikan
1. Teks
Bentuk teks sangat efektif untuk menyampaikan
informasi dan pengetahuan secara verbal, merangsang daya kognitif. Biasanya
teks dikombinasikan dengan gambar membentuk suatu tutorial. Tutorial memberikan
materi selayaknya guru atau dosen yang berisikan materi, konsep dan
pertanyaan-pertanyaan yang relevan.
2. Audio
Audio sangat baik dalam memberikan motivasi dan materi
yang bersifat mendidik. Pada dasarnya siswa cenderung lebih cepat menerima
pelajaran dari bentuk suara dibanding bacaan. Audio sangat efektif untuk
memancing perhatian, menumbuhkan daya imajinasi dan menambah atau membentuk
suasana jadi hidup.
3.Grafis dan Gambar
Bentuk gambar dan grafik lebih mudah dalam
mengklasifikasi dan mengidentifikasi objek. Gambar membantu
menjelaskan konsep abstrak menjadi konkret.
4. Animasi
Dengan animasi , siswa dalam belajar materi yang rumit
menjadi lebih mudah dipahami dan dibayangkan. Animasi biasa berbentuk simulasi,
eksperiment atau prosedur. Dengan animasi , siswa mudah mengerti dan memahami
suatu proses yang sulit diterjemahkan oleh teks dan gambar seperti proses
pembelahan sel, proses kimiawi dan lain-lainnya.
5. Video
Melalui video , siswa mampu mempelajari keadaan
riel dari suatu proses, fenomena atau kejadian. Siswa dapat
melakukan replay pada bagian-bagian tertentu untuk melihat gambaran
yang lebih fokus. Hal ini sulit diwujudkan bila video disampaikan melalui media
seperti televisi. Video mampu menunjukkan dengan jelas suatu langkah
prosedural (misal cara melukis suatu segitiga sama sisi dengan bantuan jangka).
D. Keuntungan Multimedia Bidang
Pendidikan
- Materi pelajaran yang abstrak menjadi lebih konkrit dannyata, sehingga mudah dimengerti dan dipahami siswa dan pengajar.
- Multimedia dapat mengatasi kendala ruang dan waktu. Siswa yang belum memahami materi dapat mengulang materi tersebut di rumah sama persis dengan yang dibahas dalam kelompok.
- Materi pelajaran yang disajikan akan memberikan kesan yang mendalam pada diri siswa karena proses balajar yang menarik dan menyenangkan.
- Multimedia dapat menciptakan suasana yang interaktif baik antar siswa maupun siswa dengan guru atau pengajar.
- Pengunaan multimedia yang tepat akan dapat merangsang berbagai macam perkembangan kecerdasan pada siswa lebih dini.
- Multimedia Dalam Aplikasi Umum
Pengaruh multimedia sangat besar dan berkembang secara
pesat di masyarakat umum. Hal ini dikarenakan kemudahan yang ditawarkan
multimedia pada semua bidang kehidupan manusia. Dengan multimedia, informasi
yang ingin disampaikan akan lebih jelas, menarik, mudah dan efektif.
Selain itu penggunaan multimedia cukup mudah untuk dipelajari bagi masyarakat
awam sekalipun. Jika diamati lebih lanjut, dewasa ini masyarakat bahkan lebih
cerdas dalam mengunakan multimedia. Kemudahan multimedia membuat masyarakat
lebih tertarik menggunakan jasa internet untuk memasang iklan atau bahkan
belanja On-line. Pembeli tidak perlu repot pergi keluar rumah untuk
mencari barang atau jasa yang diinginkan. Di bidang pendidikan, guru tidak
perlu repot-repot mendemonstrasikan dengan gambar di papan tulis untuk
menjelaskan suatu materi pelajaran yang rumit dan sulit dijelaskan dengan
kata-kata. Guru cukup menggunakan proyektor yang terhubung dengan komputer atau
laptop untuk memberikan penjelasan melalui gambar, video dan animasi. Mudah dan
menguntungkan bukan?
Kemudahan informasi yang didapat dari media internet
membuat masyarakat lebih memilih untuk mencari berita dan artikel dari
internet. Selain lebih menarik karena dilengkapi fasilitas multimedia (video,
gambar dan animasi), berita yang didapat dari internet bersifat lebih up
to date. Bukan hanya itu, membaca berita dari internet akan lebih
murah dibanding dengan cost yang dikeluarkan dari membaca
koran. Tentunya ini sangat baik dalam meningkatkan minat baca masyarakat karena
wacana atau berita yang disuguhkan tentu jauh lebih beranimasi dan mudah
dimengerti jika dibandingkan dengan wacana dari media massa. Bisa dibayangkan
tentunya mana yang lebih menarik antara berita yang menyajikan teks dan
gambar saja dibandingkan dengan berita yang menghadirkan teks , gambar, suara,
video, simulasi kejadian dan animasi-animasi cerdas. Tentu dengan
bijak masyarakat akan memilih opsi kedua.
Dibalik kemudahan-kemudahan yang ditawarkan dari
keberadaan multimedia dan internet tentu ada sisi negatif. Dari sisi negatif
inilah yang apabila masyarakat tidak cerdas untuk menghindarinya akan
menimbulkan masalah bagi mereka sendiri. Beberapa hal negatif yang diakibatkan
dari penyalahgunaan multimedia internet antara lain penipuan,pornografi, perjudian,
pembobolan rekening dan lain-lain. Tentunya diwajibkan untuk masyarakat lebih
cerdas dalam penggunaan multimedia dan internet.
Selain media internet, masyarakat dapat memanfaatkan
televisi untuk mendapatkan informasi dan hiburan. Televisi juga termasuk salah
satu alat multimedia, bukan? Dari televisi masyarakat dapat menikmati
berbagai jenis element multimedia seperti video, gambar , suara dan teks. Dari
televisi , masyarakat dapat menikmati hiburan dan mendapatkan ilmu pengetahuan.
Namun dengan adanya televisi terkadang orang menjadi lupa waktu dan mudah
terpengaruh akan cerita-cerita yang ditayangkan. Hal tersebut dapat menyebabkan
kebodohan. Sama seperti halnya televisi, internet pun dapat membuat orang lupa
waktu dan menjadi bodoh.
Multimedia dan internet , antara keduanya memiliki
keterkaitan yang sangat erat dan sangat dibutuhkan masyarakat dalam era yang
serba cepat dan tepat. Multimedia dimanfaatkan para pelaku bisnis untuk iklan ,
pemasaran, demo produk dan katalog. untuk lebih jelasnya akan dijajabarkan
beberapa aplikasi umum menggunakan multimedia.
1. Bisnis
Aplikasi multimedia dalam bisnis
meliputi periklanan, pemasaran, presentasi, demo produk, database, dan
komunikasi jaringan. Selain itu ada pelaku bisnis tetap dapat melakukan diskusi
dengan rekan bisnisnya dengan memanfaatkan video conference, yang
memungkinkan adanya tatap muka tanpa harus berada
didalam suatu tempat yang sama. Dengan adanya aplikasi multimedia inilah,
perusahaan – perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih lancar.
2. Pendidikan
Dengan multimedia , guru dapat
menggunakan tutorial yang berisi gambar, video , animasi dan wacana untuk
memberikan materi. Dengan cara seperti ini mengubah proses belajar
mengajar yang konvensional menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga
proses belajar – mengajar tidak terlalu monoton. Selain itu ada juga fasilitas
simulasi dan E-learning yang dapat membantu siswa dan pengajar
dalam mensimulasikan hal-hal yang sulit.
3. Rumah
Di rumah banyak media elektronik
yang dapat menyuguhkan elemen -elemen multimedia antara lain televisi, DVD
player, VDC player, video game ( Playstation, Sega, Nintendo, X box),
dan komputer tentunya. Penggunaan multimedia di rumah selain untuk hiburan yang
positif yaitu untuk media pembelajaran serta media pemersatu anggota keluarga.
Dengan menonton TV atau video bersama- sama dengan semua anggota keluarga (
Orang tua dan anak) tentu akan mendekatkan ikatan keluarga serta membantu
pengawasan dalam penggunaan multimedia.
4. Tempat umum
Melalui internet dan fasilitas
multimedia , masyarakat akan dengan mudah menemukan informasi suatu tempat umum
baik secara letak, kondisi jalan dan kondisi cuaca. Selain
itu, aplikasi multimedia di tempat umum dapat berupa kios informasi
seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat
hiburan dan sebagainya. aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk
memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan.
Dengan konsep dasar dari kakak ini memberikan sedikit pengetahuan,dan wawasan bagi yang melihat artikel ini
BalasHapusNama saya:Yulinda Sari Nim:1922500197
Dan link web kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id/
terimakasih kak,sungguh bermanfaat buat saya dan teman" yang lainnya karena saya sedang membutuhkan yang seperti.
BalasHapusNama:hena mitriani
Nim:1922500189
https://www.atmaluhur.ac.id/